Pawai Ta’aruf Meriahkan Tahun Baru Hijriyah di Darmakradenan

Pawai Ta’aruf Meriahkan Tahun Baru Hijriyah di Darmakradenan

DARMAKRADENAN- Ratusan Santriwan dan Santriwati dari berbagai lembaga pendidikan agama di wilayah RW 08 Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, berpartisipasi dalam Pawai Ta’aruf yang digelar untuk menyambut tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah, Sabtu (22/7/2023) malam. Acara yang diselenggarakan oleh Warga RW 08 ini juga dihadiri oleh ratusan masyarakat setempat yang turut memeriahkan suasana.

Pawai ta’aruf ini dimulai dari halaman Ponpes Pondok Wungu dan bergerak ke utara jalan raya Ajibarang- Gumelar. Selanjutnya, setelah mencapai pertigaan pangkalan ojeg, barisan peserta pawai dipertemukan dengan peserta dari TPQ Al- Ihsan untuk melanjutkan perjalanan menuju Taman Diponegoro.

Dari Taman Diponegoro, para peserta akhirnya meneruskan perjalanan dan kembali ke Ponpes Pondok Wungu sebagai lokasi finish, membentuk barisan obor sepanjang hampir 1 kilometer dan menyebabkan buka-tutup jalur kendaraan.

Pada kesempatan tersebut, kalangan pemuda Ansor memberikan orasi yang menegaskan pentingnya kesetiaan kepada Nahdlatul Ulama (NU), sementara para santri membawa obor dan beberapa di antaranya membawa poster sebagai tanda kecintaan pada Agama. Beberapa peserta juga melakukan atraksi menarik dengan obor.

Sementara usai melaksanakan pawai obor, peserta dari IPNU-IPPNU ranting Darmakradenan menggelar Sholawatan di Aula Ponpes Pondok Wungu dengan diiringi musik hadroh yang semarak. Acara ini menjadi momen yang tepat bagi IPNU-IPPNU untuk menampilkan film berjudul “Preman IPNU.”

Pada kesempatan terpisah ini dihadiri Rois Syuriah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Ajibarang, KH. Zulfa Muhammad Nur, yang juga selaku pengasuh Ponpes Pondok Wungu Darmakradenan.

Ketua RW 08 Desa Darmakradenan, Burhanudin Arrobani, menyatakan bahwa pawai ta’aruf ini merupakan kali pertama diadakan di lingkungan RW 08 setelah beberapa tahun terakhir terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Dengan antusiasme yang tinggi dari peserta dan masyarakat sekitar melalui peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini, kita tingkatan kekompakan, kebersamaan dan jaga silaturahmi dengan sesama,” Kata Ketua RW 08 Burhan.

Related Posts

Komentar