Panjat Pinang Masih Diminati Warga

Dilihat : 6453 Kali, Updated: 25 08 2014 11:18:11
Panjat Pinang Masih Diminati Warga

Darmakradenan_ Lomba panjat pinang msih mewarnai HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya di Grumbul Cipecang RW 08 warga menggelar lomba ini di Lapangan Bola Darmakradenan.

Lomba semacam ini memang identik dengan peringatan Ulang tahun Kemerdekaan Indonesia. Disamping beberapa lomba yang telah menjadi budaya tahunan.

Peringatan hari kemerdekaan yang jatuh pada Minggu (17/8), lomba-lomba yang diselenggarakan oleh warga Darmakradenan mulai tanggal 16 s/d 18 Agustus 2014. Salah satunya dengan lomba panjat pinang di Lapangan Bola Darmakradenan ini.

Warga pun masih antusias menonton perlombaan tradisional yang hanya bisa dinikmati setahun sekali. Apalagi dalam waktu tiga tahun belakangan ini warga tidak mengadakan perlombaan.

Perlombaan yang lebih menekankan pada rasa gotong royong dan kerjasama tinggi ini, menurut Khanafi ketua panitia, memiliki tingkat kesulitan tersendiri.Pasalnya, pohon pinang sebagai alat mencapai puncak sudah dilumuri oli bekas dan pelumas stempet.

“Lomba seperti ini memang sudah lama di tiadakan. Kebetulan ada donatur warga kami dari Jakarta memberikan sumbangan sebagai sponsor utama yaitu “CV Agung Electric” untuk memeriahkan acara ini, selain menjadi wujud dalam mensyukuri kemerdekaan, kegiatan ini juga merupakan bentuk penghormatan kita terhadap jerih payah para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah,” ujar ketua panitia dan juga ketua RW 08, Khanafi.

Mereka (warga) rela bergelimang oli bekas dan saling topang demi meraih hadiah di puncak pohon pinang dalam lomba panjat pinang memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 69.

“Persyaratannya, setiap tim yang terdiri dari 5 sampai 6 orang pria tersebut hanya mendapat kesempatan 5 menit memanjat. Setelah mereka jatuh, baru dikasih kesempatan lagi untuk ikut pertandingan sebanyak 1 kali secara bergiliran setiap timnya,” terangnya kepada PusInfoDarma saat ditemui dilokasi.

Perlombaan yang membutuhkan pengorbanan dan kerja sama tim yang kuat ini, diharapkan selalu melekat dalam benak para muda-mudi Darmakradenan khususnya, seperti halnya para pahlawan dalam merebut kemerdekaan membutuhkan pengorbanan yang jauh lebih berat dari ini.

Selain di RW 08 lomba panjat pinang ini juga di selenggarakan oleh warga RW 07 Grumbul Darma Wetan Kali, RW 01 Pegawulan Kulon, dan juga di RW 05 Grumbul Cigebang. (ip79)

Komentar